Berikut ini Modul Ajar Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Lengkap Semester 1 dan Semester 2.
Tujuan Umum Pembelajaran Seni Musik Kelas 10
Secara rasional, seni musik merupakan ekspresi, respons, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam, dan lingkungan hidup seseorang, dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik.
Musik bersifat lokal sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal. Musik juga dapat mendorong manusia untuk merasakan dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara dan musik. Selanjutnya, melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistikestetik, manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi, menghargai kebhinekaan global, serta sejahtera jasmani, mental (psikologis), dan rohani. Musik juga dapat memberikan dampak pada kehidupan manusia juga pada pengembangan pribadi dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan.
Tujuan pembelajaran musik berdasarkan rasionalisasi di atas adalah untuk membantu peserta didik dalam mengekpresikan diri terhadap fenomena kehidupan lewat musik. Peserta didik juga dilatih untuk peka terhadap persoalan pribadi maupun permasalahan sosial di lingkungan mereka tinggal. Selain itu, peserta didik akan mampu mengembangkan kemampuan praktik bermusik dengan tingkat musikalitas yang baik dan mampu menerapkan keterampilan bermusik tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab. Dalam proses pembelajaran musik ini, peserta didik diharapkan untuk dapat mengembangkan kepribadian dan karakter dalam bermusik, baik untuk diri sendiri, sesama, dan alam sekitar.
A. Capaian dan Tujuan Pembelajaran Bab 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
A.1. Capaian Pembelajaran Bab 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
a. Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas kesan terhadap bunyi-musik, peka dan paham, serta secara sadar melibatkan konteks sajian musik dan berpartisipasi aktif dalam sajian musik yang berguna bagi perbaikan hidup baik untuk diri sendiri, sesama, lingkungan, dan alam semesta.
b. Peserta didik mampu menyimak, melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman atas kesan terhadap bunyi-musik, peka dan paham, serta secara sadar melibatkan konteks sajian musik dan berpartisipasi aktif dalam sajian musik yang berguna bagi perbaikan hidup baik untuk diri sendiri, sesama, lingkungan, dan alam semesta.
c. Peserta didik mampu menjalani kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik sejak dari persiapan, saat, maupun usai berpraktik musik dengan kesadaran untuk perkembangan dan perbaikan kelancaran serta keluwesan bermusik, serta memilih, memainkan, menghasilkan, menganalisis, dan merefleksi karya-karya musik secara aktif, kreatif, artistik, dan musikal secara bebas dan bertanggung jawab, serta sensitif terhadap fenomena kehidupan manusia.
d. Peserta didik mampu menghasilkan gagasan dan karya musik yang autentik dalam sebuah sajian dengan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik, keragaman konteks melibatkan praktik-praktik selain musik (bentuk seni yang lain) baik secara terencana maupun situasional yang berguna bagi perbaikan hidup diri sendiri, sesama, lingkungan, dan alam semesta.
e. Peserta didik mampu menjalani kebiasaan baik dan rutin dalam berpraktik musik dan aktif dalam kegiatan-kegiatan bermusik lewat bernyanyi, memainkan media bunyi-musik dan memperluas wilayah praktik musiknya dengan praktik-praktik lain di luar musik, serta terus mengusahakan mendapatkan pengalaman dan kesan baik dan berharga bagi perbaikan dan kemajuan diri sendiri secara utuh dan bersama.
A.2 Tujuan Pembelajaran Bab 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat
a. mendengar dan mengimitasi bunyi musik-makna tari dalam gerak tari dan musik;
b. memainkan dan menghasilkan bunyi-musik berdasarkan teknik imitasi musik;
c. mengelaborasi unsur-unsur musik dan berbagai teknik bermusik; serta
d. menampilkan elaborasi bunyi musik dalam pertunjukan gerak.
B. Capaian dan Tujuan Pembelajaran Bab 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
B.1. Capaian Pembelajaran Bab 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
a. Peserta didik mampu mengenali dan merespons bunyi musik dari beragam sumber bunyi musik sesuai dengan berbagai konteks budaya dan era.
b. Peserta didik mampu menghasilkan karya musik sesuai dengan konteks dan kebutuhan hidup sehari-hari secara individu dan berkelompok dengan pemanfaatan teknologi bermusik.
c. Peserta didik mampu mengelaborasi karya musik dengan bidang seni dan keilmuan yang lain untuk menghasilkan karya musik.
d. Peserta didik mampu memberikan penilaian akan karya pribadi dan orang lain yang didengar sebagai bagian dari proses berpikir dan bekerja artistik estetik.
e. Peserta didik mampu menghasilkan karya bunyi musik yang dapat membangun persatuan dan kesatuan bangsa.
B.2. Tujuan Pembelajaran Bab 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat
a. menjelaskan struktur lagu;
b. membedakan frase dan motif;
c. menguraikan arti tema lagu;
d. menyebutkan macam-macam kadensa;
e. menyebutkan contoh bentuk grup musik;
f. menyebutkan genre musik dan tokohnya;
g. menjelaskan cara berkarya; serta
h. membuat karya musik.
C. Capaian dan Tujuan Pembelajaran Bab 3 Menciptakan Musik Sederhana
C.1. Capaian Pembelajaran Bab 3 Menciptakan Musik Sederhana
a. Peserta didik mampu bereksperimen menggunakan berbagai sumber, jenis, dan bentuk musik yang sesuai dengan konteks budaya dan era.
b. Peserta didik mampu menghasilkan karya musik dengan musikalitas yang baik dalam berbagai bentuk teknik bermusik.
c. Peserta didik mampu menganalisis karya pribadi sesuai dengan konteks budaya.
d. Peserta didik mampu mengomunikasikan beragam teknik musik sesuai dengan konteks dan praktik bermusik yang dapat dipertanggungjawabkan.
e. Peserta didik mampu menghasilkan karya musik yang dapat mengembangkan karakter diri sendiri, sesama, dan membangun persatuan dan kesatuan bangsa.
C.2. Tujuan Pembelajaran Bab 3 Menciptakan Musik Sederhana
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat
a. menjelaskan konsep-konsep dalam menciptakan lagu sederhana;
b. membuat lagu sederhana;
c. menciptakan orkestra musik sederhana; dan
d. menyajikan karya musik ciptaan.
D. Capaian dan Tujuan Pembelajaran Bab 4 Manajemen Pertujukan Musik
D.1. Capaian Pembelajaran Bab 4 Manajemen Pertujukan Musik
a. Peserta didik mampu merekam beragam pengalaman bermusik yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama melalui manajemen pertunjukan musik.
b. Peserta didik mampu dengan disiplin mengeksplorasi manajemen pertunjukan musik sesuai dengan konteks dan ketersediaannya di masyarakat, dengan disertai penggunaan teknologi.
c. Peserta didik mampu memilih beragam media dan bentuk musik dalam menyusun sebuah pertunjukan musik yang menarik dengan memperhatikan pemilihan lagu, tata kelola panggung, dan time management.
d. Peserta didik mampu menuliskan proposal sederhana dari sebuah pertunjukan musik.
e. Peserta didik mampu bekerja sama dalam proses penulisan proposal sederhana yang memuat unsur-unsur musik vokal dan musik instrumen.
D.2. Tujuan Pembelajaran Bab 4 Manajemen Pertujukan Musik
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat
a. menjelaskan konsep manajemen;
b. mendeskripsikan konsep manajemen pertunjukan;
c. menyebutkan jenis suara;
d. memberi contoh bentuk pertunjukan suara;
e. menjelaskan penyajian karya musik;
f. menyebutkan jenis musik yang berkembang sesuai dengan zamannya;
g. menguraikan manajemen instrumen; dan
h. membuat proposal pertunjukan.
E. Capaian dan Tujuan Pembelajaran Bab 5 Apresiasi Musik
E.1. Capaian Pembelajaran Bab 5 Apresiasi Musik
a. Peserta didik mampu mengomunikasikan secara positif pengalamannya mengadiri/mengamati pertunjukan musik dalam berbagai konteks budaya dan era yang dapat diapresiasikan.
b. Peserta didik mampu mengapresiasi hasil karya musik yang ditampilkan dengan standar musikalitas dan teknik bermusik yang baik.
c. Peserta didik mampu mengapresiasi estetika musik tradisional.
d. Peserta didik mampu memahami estetika musik dari proses musikalisasi unsur unsur musik dari sebuah karya sen.
e. Peserta didik mampu mengapresiasi pertunjukan karya seni yang dapat berdampak pada perkembangan karakter diri sendiri, sesama, dan mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.
E.2. Tujuan Pembelajaran Bab 5 Apresiasi Musik
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kalian dapat
a. memahami pengertian apresiasi;
b. mengerti dan memahami estetika bunyi musik;
c. mengapresiasi musik Barat;
d. menjelaskan estetika musik tradisional Indonesia; serta
e. mengapresiasi pementasan karya seni.
Download Modul Ajar Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2022 (Premium)
Unduh : Modul Seni Musik Kls 10 Bab 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik
Unduh : Modul Seni Musik Kls 10 Bab 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik
Unduh : Modul Seni Musik Kls 10 Bab 3 Menciptakan Musik Sederhana
Unduh : Modul Seni Musik Kls 10 Bab 4 Manajemen Pertujukan Musik
Unduh : Modul Seni Musik Kls 10 Bab 5 Apresiasi Musik
Demikian Modul Ajar Seni Musik Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tahun 2022 (Premium), Jangan Lupa Share Ya....
Posting Komentar
Posting Komentar