-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Kumpulan Soal (Essay dan PG) Teks Anekdot Beserta Jawabannya

Posting Komentar
Contoh Soal Anekdot beserta Jawabannya dan Essay – Anekdot atau teks anekdot adalah salah satu jenis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis teks ini juga sering masuk dalam soal ulangan harian ataupun ujian. Agar bisa menjawab soal mengenai teks anekdot tentunya kamu harus tahu apa itu teks anekdot, ciri-ciri, dan contohnya. 

Kumpulan Soal (Esai/Uraian) Materi Teks Anekdot

1. Jelaskan struktur teks anekdot tentang krisis !

2. Jelaskan struktur teks anekdot tentang reaksi!

3. Jelaskan struktur teks anekdot tentang koda!

4. Tuliskan ciri-ciri teks anekdot!

5. Tuliskan fungsi anekdot!

6. Jelaskan struktur teks anekdot tentang abstrak?

7. Jelaskan struktur teks anekdot tentang orientasi ?

8. Tuliskan kaidah kebahasan teks anekdot!

9. Tuliskan tujuan teks anekdot!

10. Berikan contoh teks anekdot struktur abstraksi!

11. Berikan contoh teks anekdot struktur reaksi!

12. Berikan contoh teks anekdot struktur koda!

13. Apa yang dimaksud dengan teks anekdot?

14. Berikan contoh teks anekdot struktur orientasi!

15. Berikan contoh teks anekdot struktur krisis!

Kunci Jawaban:

1. Krisis adalah bagian yang menjelaskan pokok masalah utama dengan warna unik juga tidak biasa.

2. Reaksi sangat berhubungan dengan struktur krisis. Reaksi merupakan bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakan cara-cara yang juga unik dan berbeda.

3. Koda ini seperti halnya penutup, Koda menjadi bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

4. Adapun ciri-ciri teks anekdot yaitu :
a. Mengandung unsur humor atau lucu.
b. Bersifat menggelitik, membuat pembaca merasa terhibur.
c. Menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
d. Terselip kata kata yang mengkritik atau tujuan.
e. Cerita yang disampaikan hampir serupa dengan dongeng.
f. Biasanya menceritakan karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan terlihat nyata.

5. Fungsi anekdot sebagai cerita singkat dibagi menjadi dua, yaitu fungsi primer dan fungsi sekunder. Fungsi primer teks ini adalah sebagai sarana ekspresi ketidakpuasan, kemarahan, dan kejengkelan terhadap suatu hal yang secara umum sudah diketahui oleh masyarakat. Semantara itu, teks sekundernya sebagai hiburan dengan analogi atau contoh dalam menjelaskan sesuatu.

6. Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca bisa membayangkan.

7. Orientasi adalah awal kejadian pada cerita atau juga bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita bisa terjadi.

8. Kaidah kebahasan teks anekdot yakni sebagai berikut:
a. Menggunakan pertanyaan dengan keterampilan bahasa yang kreatif dan efektif atau retorik.
b. Penulisannya sesuai dengan struktur yang ada dalam teks anekdot yaitu diawali dengan bagian abstrak dan diakhir dengan bagian koda.
c. Menyatakan kejadian atau peristiwa dan bagian dari peristiwa menggunakan konjungsi.
d. Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
e. Menggunakan kata predikat / kata kerja.
f. Menggunkan kalimat yang berbau perintah.
g. Dibuat secara berurut atau sesuai dengan kronologis.

9. Tujuan dari teks anekdot yakni sebagai berikut :
a. Menghibur para pembaca.
b. Membangkitkan tawa para pembaca atau menghibur.
c. Sarana mengkritik dan menyindir.
d. Menggambarkan karakter atau figur dengan singkat dan langsung pada intinya.

10. Suatu ketika aku dan temanku SMA sedang reuni di suatu tempat pameran.

11. Ningsih:”iya baik Din, emangg gua kelihatan sakit apa gimana?”
Aku :”Lo keliatannya lagi sakit, cobak liat badan lu, kecil banget, bandingin sama badan gua”
Ningsih:”Badanmu sakit Din? Kok kayak bengkak-bengkak gitu”
Aku :”ini bukan bengkak, emang aku gendut”

12. Aku dan Ningsih tertawa

13. Teks Anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial.

14. Temanku yang bernama Ningsih, ia terlambat ke pameran itu, karena terjebak hujan. Ketika itu hujan deras. Ningsih menyapa teman-teman dan termasuk aku.

15. Aku : “hei Ning, gimana kabarmu?”
Ningsih: “Alhamdullilah baik, kamu Din gimana?”
Aku : “baik Ning, Apa iya lu sehat Ning kok kaya sakit ya?”

Contoh Soal Anekdot beserta Jawabannya PG

1. Berikut ini adalah struktur dari sebuah teks anekdot, kecuali…

a. Aksi

b. Reaksi

c. Koda

d. Abstraksi

e. Orientasi 

2. Secara umum, sebuah teks anekdot memiliki fungsi yaitu untuk…

a. Menyampaikan opini dan saran

b. Menyampaikan sindiran dan saran

c. Menyampaikan kritik dan saran

d. Menyampaikan fakta dan opini

e. Menyampaikan sindiran dan kritik

3. Cerita ringkas namun lucu, bikin tertawa, dan memberi kesan merupakan…

a. Eksplanasi

b. Narasi

c. Eksposisi

d. Argumentasi

e. Anekdot 

4. Semua jenis teks memiliki ciri kebahasaan khusus. Kebahasaan yang merupakan ciri khas teks anekdot adalah…

a. Kalimat retoris

b. Kalimat tanya

c. Kalimat yang menginformasikan peristiwa yang sudah terjadi

d. Kalimat pertanyaan tentang hubungan waktu

e. Kata kerja aksi

5. Di bawah ini merupakan ciri-ciri dari sebuah teks anekdot, kecuali…

a. Mengandung pesan moral

b. Mengandung hal yang lucu

c. Tersaji dalam bentuk cerita

d. Orientasi-reaksi-krisis adalah struktur teksnya

e. Menggelitik

Contoh Soal Anekdot beserta Jawabannya

6. Selain teks anekdot yang memberikan kesan lucu, ada juga teks humor. Perbedaannya ada pada…

a. Kaidahnya

b. Unsurnya

c. Isinya

d. Fungsinya

e. Struktur teksnya

7. Waktu lampau yang digunakan adalah salah satu kaidah penulisan teks anekdot. Kaidah bahasa ini terlihat dalam kalimat…

a. Mengapa hal ini terjadi?

b. Jam 9 pagi besok mereka sudah siap berdemo

c. Ini adalah waktu yang tepat untuk tidur

d. Anekdot adalah salah satu jenis teks

e. Pada zaman dahulu Raja-raja sering berburu

8. Bacalah penggalan cerita berikut ini!

Suatu hati seorang pebisnis batubara yang kaya berkunjung ke rumah kerabatnya yang juga seorang pebisnis sukses. Ia terkejut saat tiba mendapati kawannya tersebut sedang mengepel lantai rumahnya sendiri.

Konjungsi yang terkandung dalam cuplikan cerita di atas adalah…

a. Sedang

b. Pebisnis

c. Mendapati

d. Seandainya

e. Jalan 

9. Suatu malam, Angga sedang dalam perjalanan pulang ke rumah dengan memacu sebuah mobil. Malam itu hujan lebat. Sungguh sial baginya lampu bagian depan mobilnya mati. Akhirnya Angga punya ide untuk mengikuti saja mobil di depannya. Hal mengejutkan terjadi. Mobil di depan Angga mendadak berhenti dan membuat mobilnya menabrak mobil tersebut.

Angga: “Ini salah kamu, kamu berhenti mendadak di depan saya!”

Sopir mobil depan: “Sudah jelas, salahmu!”

Angga: “Kamu yang berhenti mendadak!”

Sopir mobil depan: “Lo pikir ini di mana, Ini garasi rumah gue!”

Siapakah tokoh utama dalam penggalan cerita anekdot di atas?…

a. Sopir mobil depan

b. Mobil

c. Hujan

d. Garasi

e. Angga

10. Kegiatan membandingkan dua karakteristik dengan sebuah fakta baik dari struktur maupun dari bahasa (ejaan, kosakata, dan struktur kalimat). Kalimat tersebut merupakan pengertian dari…

a. Analisa

b. Identifikasi

c. Menelaah

d. Abstraksi

e. Evaluasi 

Kurikulum Merdeka


Sosiologi


Agama


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter